Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa, dilantik untuk mengemban tugas sebagai anggota dewan untuk masa jabatan 2024-2029.

Ketua Pengadilan Negeri Mentok Iwan Gunawan memandu pengambilan sumpah dan janji 30 anggota legislatif yang dilantik di Gedung Mahligai Betason II Kantor DPRD di Mentok, Selasa.

Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat Marudur Saragih saat membuka rapat mewakili pimpinan dan anggota DPRD Bangka Barat periode 2019 – 2024, mengucapkan terima kasih kepada forkopimda, insan pers serta seluruh elemen masyarakat atas dukungan, kerja sama serta kritik dan saran kepada mereka selama mengemban amanah, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Kami juga menyadari sebagai manusia biasa banyak kekurangan, karena itu saya mewakili pimpinan dan anggota menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya," katanya.

Ia menyampaikan selamat kepada para anggota DPRD yang baru, semoga diberikan kekuatan dan kesehatan untuk menjalankan tugas dan amanah sebagai anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat.

Ketua sementara DPRD Kabupaten Bangka Barat Badri Syamsu mengatakan sebelum pimpinan DPRD terbentuk secara definitif maka untuk sementara pimpinan terdiri atas seorang ketua dan seorang wakil ketua.

"Ketua berasal dari dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua. Kami untuk sementara diberikan mandat pemimpin DPRD Bangka Barat sampai ditetapkan pimpinan DPRD definitif," kata Badri.

Ia juga menyatakan kesiapan menjalankan tugas dan fungsi DPRD selaku mitra pemerintah daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

"Kepada masyarakat Bangka Barat kami mohon doa, restu dan dukungan agar dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga daerah semakin maju," katanya.

Bupati Bangka Barat Sukirman berharap agar para anggota DPRD yang baru dilantik dapat menjalankan tugas penuh tanggung jawab.

"Kita sudah menjalin hubungan sejak dahulu, hubungan kerja sama yang baik dan sesuai aturan karena lembaga eksekutif dan legislatif tetap harus menjalin kerja sama dan bersinergi untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Ia berpesan agar seluruh unsur tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk bergotong royong membangun daerah untuk kepentingan masyarakat.

Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat masa jabatan 2024-2029 yang dilantik dan diambil sumpah hari ini, yaitu dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan terdiri dari Aminah, Naim, Mathius Irwan, Marudur Saragih, Suyenti dan Badri Syamsu, Gerindra terdiri dari Eddy Arief, Susanto, Suherdi, Nawi dan Oktorazsari.

Selanjutnya dari Partai Nasdem; Miyuni Rohantap, Sakiman, Gustami, dan Meriyanti, PKS; Abang Fadila, Apian, Samsir, dan Rifki Nauvaldi, Golkar; Deddi Wijaya, Fauzar Mendri, dan Nola, PBB; Syaiful Fakah dan Dedi Egipty, sedangkan enam anggota lain terdiri dari Adi Sucipto (PAN), Eko Fendika Putra (Hanura), Rubiyansah (Demokrat), Sita Rosita (Perindo), Amin (PKB) dan Aridafa Amrullah (PPP).

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024