Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima kunjungan dari Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Air Mesu Timur guna mengembangkan Perpustakaan Desa di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan DKPUS Bangka Belitung, Abu Hapas mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka pengembangan advokasi dari Pemda ke desa dan kelurahan yang ada di Babel beberapa lalu.

Melalui kegiatan seperti ini DKPUS Babel memberikan support minat baca ke masyarakat kini mulai membuahkan hasil, sehingga Ketua dan Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Air Mesu Timur, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah mengunjungi langsung Perpustakaan Provinsi Babel ini.

"Ini juga terkait dengan pengembangan Perpudes Air Mesu Timur yang menginginkan agar minat baca masyarakat Desa Air Mesu Timur meningkat," kata Abu.

Menurut Abu Hapas, transformasi Perpustakaan ke arah digital membuat penguasaan ilmu pengetahuan akan semakin tersedia secara luas dan mudah diakses, sehingga diharapkan akan muncul sumberdaya manusia yang inovatif dan berkualitas, dengan tujuan mulia yakni kesejahteraan perekonomian masyarakat Air Mesu Timur.

Sementara, Ketua BPD Air Mesu Timur Poni Auri mengatakan tujuan kunjungan itu dalam rangka tindak lanjut program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di Desa Air Mesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah.

Poni berharap Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa bersinergi dan berkolaborasi mendukung pengembangan literasi di Desa Air Mesu Timur.

"Kami BPD Air Mesu Timur berharap terbangunnnya sinergi dan kolaborasi dengan DKPUS Babel dalam upaya mendukung pengembangan gerakan literasi di Desa Air Mesu Timur," ujar Poni.


Menurut Poni Air Mesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru merupakan salah satu desa penyanggah antara Kabupaten Bangka Tengah dengan Kota Pangkalpinang, maka banyak hal yang harus dilakukan terutama terkait peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

"Sebagai desa penyanggah, gerbang masuk ke Ibukota Provinsi, banyak hal yang harus dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas SDM di Desa Air Mesu Timur, salah satunya melalui Perpustakaan sebagai wadah meningkatkan ilmu pengetahuan masyarakat," terang poni.

BPD Air Mesu Timur juga berharap dukungan dari DKPUS Bangka Belitung dalam pengembangan layanan perpustakaan ini, nantinya di perkuat dengan perjanjian kerjasama, baik berupa dukungan perpustakaan keliling hingga penyediaan literatur untuk pojok baca.

Di akhir acara, dilakukan kunjungan keliling ke setiap ruangan dan lantai di Perpustakaan Provinsi oleh Kepala Bidang dan pegawai DKPUS yang hadir bersama Anggota BPD Air Mesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024