Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai menerima pengiriman logistik berupa kotak suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Ketua KPU Bangka Selatan Muhidin di Toboali, Rabu mengatakan, logistik kotak suara untuk pelaksanaan Pilkada sudah diterima KPU Bangka Selatan sebanyak 616 kotak suara.

"Selasa sore kemarin (17/9) sekitar pukul 17.30 WIB, kita sudah menerima sebanyak 616 kotak suara yang dibagi dalam 124 koli," katanya.

Ia mengatakan, logistik kotak suara yang diterima tersebut telah disimpan di gudang logistik KPU Bangka Selatan yang telah disiapkan dan digunakan saat Pemilu 2024 yang lalu.

"Logistik kotak suara yang diterima ini sudah kita simpan di gudang logistik dengan kondisi aman dan terkunci," ujarnya.

Muhidin mengatakan, KPU Bangka Selatan akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi terkait dengan perakitan dan penyortiran kotak suara apakah ada yang kerusakan atau tidak terhadap kotak suara.

"Perakitan dan penyortiran kotak suara akan dilakukan secara serentak sesuai dengan arahan dari KPU provinsi," ujarnya.

Jika pada saat perakitan dan penyortiran ditemukan adanya kotak suara yang rusak, KPU Bangka Selatan akan mengajukan kembali ke KPU provinsi.

"Kita akan melakukan order kembali jika ditemukan adanya kotak suara yang rusak sesuai dengan jumlah kotak suara yang rusak," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pendistribusian logistik kotak suara ke setiap kecamatan akan dilakukan bersamaan dengan logistik lainnya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

"Pendistribusian logistik ini nanti untuk daerah kepulauan akan dilakukan H-3 pelaksanaan dan daerah daratan H-2 pelaksanaan," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024