Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperoleh 16 kotak suara cadangan dari KPU RI untuk kegiatan pemilihan kepala daerah serentak 2024.

"16 kotak suara cadangan tersebut untuk menggantikan jika terjadi kerusakan atau kekurangan kotak suara dari jumlah yang dibutuhkan, sedangkan total suara suara yang kami terima sebanyak 926 buah," kata Sekretaris KPU Kabupaten Bangka, Basumi di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, kotak suara sesuai jumlah kebutuhan sebanyak 910 buah yang nantinya akan disalurkan ke tempat pemungutan suara.

"Semua kotak suara yang diterima, akan kami rakit terlebih dahulu namun akan dikosongkan lebih dulu gudang logistik mengingat masih terdapat sejumlah logistik pemilu lalu," jelas dia.

Untuk menjamin keamanan logistik pilkada, kata Basumi, gudang logistik mendapat penjagaan dari personel polisi dari Polres Bangka dan personel TNI.

"Untuk logistik yang lain seperti surat suara atau pun kebutuhan lain yang dibutuhkan akan dikirim kembali sesuai tahapan," jelas dia.

Pengiriman logistik kotak suara pilkada disalurkan melalui jasa angkutan darat dengan pengawalan ketat oleh pihak kepolisian.

Tercatat jumlah tempat pemungutan suara pada Pilkada 2024 di Kabupaten Bangka kurang lebih 600 TPS atau berkurang dibanding TPS pada Pemilu 2024 yang mencapai 911 TPS. Berkurangnya jumlah TPS pada pilkada karena pertimbangan beban kerja yang dianggap lebih ringan dibanding pada Pemilu 2024 lalu.

Pada Pemilu 2024 jumlah DPT setiap TPS maksimal 300 orang, sedangkan Pilkada 2024 dapat mencapai maksimal 500 sampai 600 DPT.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024