KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar pleno pengambilan dan penetapan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Sama-sama kita saksikan rapat pleno pengambilan dan penetapan nomor urut paslon yang langsung digelar secara terbuka dan langsung dihadiri oleh dua paslon yang sudah resmi kita tetapkan kemarin," kata Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Husin kepada media usai pleno tersebut, Senin malam.

Husin mengatakan proses pleno pengambilan dam penetapan nomor urut paslon dilakukan dengan dua sistem yakni pertama pengambilan nomor antrean dan pengambilan nomor urut paslon.

Dan hasilnya adalah untuk Paslon Erzaldi Rosman dan Yuri Kemal Fadhlullah dapat nomor urut 1, sedangkan paslon Hidayat Arsani dan Hellyana dapat nomor urut 2. Setelah itu langsung dibuatkan berita acara dan dami kertas suara.

"Karena nomor urut sudah ditetapkan ini akan kita gunakan sebagai dasar pencetakan surat suara yang akan segera kita lakukan dan distribusikan menuju pemilihan pemungutan dan penghitungan menuju 27 November ini sesuai ketentuan PKPU," terang Husin.

Di kesempatan ini Husin juga mengundang dua paslon tersebut untuk mengikuti deklarasi pemilu damai, dimana mereka akan melaksanakan kampanye dan KPU Babel sudah melakukan koordinasi dan mengatur pemasangan Alat peraga kampanye (APK) serta lokasi kampanye.

"Lokasi kampanye mereka diseluruh wilayah yang ada di Bangka Belitung, dan melalui kampanye mereka mengimbau, mempengaruhi dan mengajak masyarakat memilih namun tidak menjelek dan mengajak orang melakukan kampanye hitam. Untuk konteks orasi dan pertemuan terbatas akan diawasi oleh Bawaslu," tutup Husin.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024