Sebuah unggahan di X menarasikan Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman bin Abdulaziz bin Abdul Rahman Alu Saud (MBS) melarang Imam Masjid mendoakan Palestina maupun menyebutkannya dalam khotbah di seluruh masjid.
Selain itu, dinarasikan juga ia secara pribadi tidak peduli dengan masalah Palestina saat ini. Dalam narasi itu disebutkan bahwa Arab Saudi juga telah menjadi negara Islam abad modern.

Dalam unggahan tersebut menampilkan potongan video MBS yang sedang wawancara dengan latar bertuliskan Future Investment Initiative.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Arab Saudi melarang Imam Mesjid mendoakan Palestina atau menyebutkannya dalam khotbah di masjid2 Saudi

Pangeran Saudi Mohammed bin Salman mengatakan dia secara pribadi TIDAK PEDULI dengan masalah Palestina

Arab Saudi menjadi Islam abad modern

Indonesia menjadi Islam abad ke 7”

Namun, benarkah video pangeran Arab Saudi MBS mengatakan tidak peduli dengan penderitaan Palestina?
 
Unggahan video yang menarasikan pangeran Arab Saudi MBS mengatakan tidak peduli penderitaan Palestina. Faktanya, narasi video tidak sesuai dengan isi video aslinya. (X)

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video dalam unggahan tersebut serupa dengan unggahan YouTube Fox News “Saudi Arabia crown prince vows to do more to stop extremism” yang diunggah pada 29 Oktober 2017. 

Dalam konferensi Inisiatif Investasi Masa Depan di Riyadh, Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengatakan  akan menghancurkan "ideologi ekstremis" dalam upaya untuk kembali ke "Islam yang lebih moderat." dan menempatkan kerajaan itu sejalan dengan banyak negara lain karena berusaha untuk mengubah ekonominya selama beberapa dekade mendatang.

"Kami ingin menjalani kehidupan normal, kehidupan di mana agama dan tradisi kami diterjemahkan ke dalam toleransi, sehingga kami hidup berdampingan dengan dunia dan menjadi bagian dari perkembangan dunia," katanya, dilansir dari CNN.

Dengan demikian, narasi dalam unggahan tersebut tidak sesuai dengan video aslinya. Dalam laporan terbaru,Mohammed bin Salman menyatakan Arab Saudi tidak akan menormalisasi hubungan dengan Israel tanpa pembentukan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. Dalam beberapa kesempatan, MBS menolak dan mengecam keras pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina,

Klaim: Video pangeran Arab Saudi MBS mengatakan tidak peduli dengan penderitaan Palestina

Rating: Disinformasi

Pewarta: Tim JACX

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024