Plt Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Era Susanto berharap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mampu menjadi wasit yang adil dan tidak diintervensi dalam melaksanakan tugasnya mengawal Pilkada 2024.

"Saya berharap dan saya tentu yakin dan percaya Bawaslu bisa bekerja secara profesional, tanpa diintervensi dan mampu menumbuhkan netralitas dari dalam diri masing-masing," kata Era di Koba, Senin.

Era mengatakan itu menyikapi sudah masuknya tahapan kampanye Pilkada 2024 yang dimulai sejak 25 September hingga 23 November 2024.

Pilkada Bangka Tengah hanya diikuti dua pasangan calon, yaitu Algafry Rahman-Efrianda dengan nomor urut 01 dan pasangan Adet Mastur-Erlansyah Roskar dengan nomor urut 02.

Algafry yang merupakan calon petahana diusung sejumlah partai politik yaitu Golkar, PDIP, PPP, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan Nasdem. Sedangkan pasangan Adet-Erlansyah hanya diusung satu partai politik yaitu Gerindra.

"Dengan demikian, baik Bawaslu maupun KPU saya berharap tidak ada intervensi dari siapapun atau paslon manapun untuk menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara," ujarnya.

Era juga meminta Bawaslu dapat menindak tegas jika ada temuan pasangan calon yang menggunakan fasilitas negara, baik pasangan nomor urut 01 maupun 02.

"Tunjukkan kalian sebagai lembaga pengawas dapat memberikan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat Bangka Tengah untuk menyukseskan Pilkada 2024," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024