Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Sugito menyatakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menetapkan Desa Batu Belubang, Kabupaten Bangka Tengah, sebagai Desa Wisata Nusantara.

"Saya mengapresiasi ditetapkannya Batu Belubang sebaga Desa Wisata Nusantara tahun ini," kata Sugito dalam keterangannya di Pangkalpinang, Babel, Senin.

Ia mengatakan pada ajang Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) Tahun 2024 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT, Desa Batu Belubang meraih juara empat nasional.

"Selamat untuk pencapaian masyarakat Desa Batu Belubang, karena telah mengharumkan Provinsi Kepulauan Babel dengan meraih juara 4 nasional dan mengalahkan 3.000-an desa lainnya dalam ajang LDWN tahun ini," ujarnya.

Ia menyatakan dengan diraihnya penghargaan tersebut, maka Desa Batu Belubang yang akan menjadi salah satu field project pengembangan Desa Wisata Nusantara ini.

"Desa Batu Belubang ini akan mendapatkan bantuan dana Rp250 juta dari Kemendes, untuk peningkatan sarana dan prasarana objek wisata serta penguatan unit usaha badan usaha milik desa (BUMDesa)," katanya.

Menurut dia, keberhasilan ini berkat sinergi atau kerja sama yang kuat antarmasyarakat dengan semua pihak seperti pihak instansi terkait, bumdes, pokdarwis dan para tenaga pendamping desa.

"Kita berharap dengan ditetapkan Batu Belubang sebagai Desa Wisata Nusantara ini dapat lebih memajukan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024