Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan 910 personel perlindungan masyarakat (Linmas) untuk membantu pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada serentak 2024.

"Kami sudah menyiapkan 910 personel Linmas untuk membantu pengamanan pihak petugas keamanan sehingga pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman, tertib dan lancar," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka Thony Marza, di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan dengan ratusan personel Linmas yang disiapkan itu, masing - masing TPS akan ditugaskan dua orang Linmas. Tercatat jumlah TPS yang ditetapkan KPU pada Pilkada 2024 sebanyak 455 TPS atau lebih sedikit dibanding TPS pada Pemilu 2024 lalu.

"Selain menyiapkan Linmas di masing - masing TPS, kami juga sudah menyiapkan personel Linmas inti untuk di kantor kecamatan dan kelurahan," jelasnya.

Personel Linmas yang direkrut dari masyarakat umumnya petugas Linmas yang dianggap sudah memiliki pengalaman membantu pengamanan pada Pemilu 2024.

Untuk memaksimalkan pelayanan pengamanan, kata dia, pihaknya telah menyiapkan 285 anggota Satpol PP yang akan ditugaskan di setiap desa.

Dia mengingatkan seluruh personel Satpol PP dan Linmas supaya berkoordinasi dengan personel TNI dan Polri di lapangan, sebab koordinasi ini penting dilakukan supaya terjalin komunikasi layanan keamanan.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban supaya pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan sesuai yang diharapkan," kata dia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024