Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan berkomitmen tingkatkan cakupan layanan kepesertaan.

"Kita berkomitmen untuk meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan di Bangka Selatan," kata Pjs Bupati Bangka Selatan Elfin Elyas di Toboali, Sabtu.

Ia mengatakan, pemerintah kabupaten Bangka Selatan terus bersinergi dengan BPJS ketenagakerjaan untuk meningkatkan cakupan layanan kepesertaan.

"Cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Bangka Selatan saat ini berkisar 21 persen, dan seluruh pegawai baik PNS, PPPK, pegawai harian lepas (PHL), aparatur kelurahan dan desa sudah tercover," ujarnya.

Sementara untuk pekerja perusahaan, pekerja non formal termasuk pekerja rentan terus didorong untuk mendapatkan keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan.

"Sasaran prioritas perluasan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ke depan salah satunya pekerja rentan seperti nelayan, petani, buruh dan jenis pekerja rentan lainnya," ujarnya.

Elfin menambahkan, dalam upaya meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan dibutuhkan kolaborasi dan komitmen kuat dari berbagai pihak sesuai dengan kewenangan dan kewajibannya, mulai dari pemerintah daerah, pemerintah desa, perusahaan dan termasuk wiraswasta.

"Sinergi program dari dinas terkait seperti dinas sosial, dinas tenaga kerja, dinas pemberdayaan masyarakat dan desa harus semakin diperkuat dalam meningkatkan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Muh. Zuhri Bahri bersama Kepala Kantor Cabang Pangkalpinang Abdul Sholeh didampingi staf BPJS Ketenagakerjaan melakukan kunjungan ke pemerintah Kabupaten Bangka Selatan pada Kamis (10/10) lalu. 

Dalam kunjungan tersebut ketua Dewan pengawasan BPJS ketenagakerjaan beserta rombongan diterima langsung oleh Pjs Bupati Bangka Selatan Elfin Elyas di dampingi Sekda, Kepala Bappelitbangda, Kepala Bakuda, Kepala Dinas Disnakertrans, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Kesehatan.
 

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024