Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmizi Saat minta seluruh petugas penyuluh lapangan mengoptimalkan pembinaan gabungan kelompok tani (gapoktan) masing-masing desa.

"Saya minta PPL untuk lebih mengoptimalkan pembinaan dengan gapoktan di seluruh desa agar terbangun komunikasi yang baik antara petani, sehingga permasalahan pertanian di tingkat petani dapat diselesaikan," katanya, di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, gapoktan dibentuk di masing-masing desa untuk mengakomidir para petani melalui kelompok tani.

"Sampai sekarang PPL yang bertugas sebanyak sekitar 60 orang, dan saya harapkan agar petugas ini dapat memaksimalkan pembinaan kepada petani melalui gapoktan itu," katanya pula.

Sektor pertanian kata dia, menjadi agenda program pemerintah daerah yang ditetapkan sebagai sektor unggulan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Menurutnya, semua persoalan pertanian yang dihadapi petani mulai dari masalah mengolah lahan sawah, benih padi sampai musim panen dapat dikonsultasikan dengan PPL.

"Untuk mencapai harapan itu, diperlukan kerja keras termasuk masyarakat petani dan semua unsur yang memiliki kemampuan di sektor pertanian agar memberikan kontribusi pemikiran terhadap pengelolaan pertanian," kata Bupati itu lagi.

Bupati mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan mengundang sejumlah sarjana pertanian di daerahnya untuk membantu memberikan rumusan mengembangkan sektor pertanian.

"Sarjana pertanian yang akan kami undang nantinya dapat memberikan rumusan pemikiran agar pengelolaan dan pengembangan pertanian dapat berjalan seperti diharapkan," ujarnya pula.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016