Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima bantuan alat mesin pengering dan penggiling padi dari Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2024.

"Tahun ini kita mendapatkan bantuan satu paket mesin pengering dan penggiling padi dari pemerintah pusat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pertanian," kata Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Bangka Selatan Risvandika di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan yang diterima dari kementerian pertanian tersebut senilai Rp1,5 miliar yang terdiri dari satu unit mesin penggiling, satu unit mesin pengering dan juga bangunan.

"Total satu paket bantuan ini terdiri dari bangunan Rp309 juta, mesin pengering Rp624 juta dan mesin penggiling Rp600 juta," ujarnya.

Risvandika berharap dengan adanya bantuan mesin pengering dan juga penggiling padi ini diharapkan dapat membantu para petani yang ada di desa Rias Kecamatan Toboali untuk mengolah hasil pertanian terutama pada saat musim hujan.

"Para petani tidak perlu khawatir saat musim hujan untuk mengeringkan hasil panennya, karena sudah ada mesin pengering yang dikelola oleh kelompok tani Masudi satu Desa Rias," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya bantuan alat pengering padi ini, kualitas beras yang dihasilkan nantinya tetap bagus. Untuk itu diharapkan bantuan ini dapat dirawat dan dikelola dengan baik sehingga bisa bermanfaat untuk petani.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk petani dalam mengolah hasil pertanian mereka sehingga kualitas beras yang dihasilkan juga bagus," ujarnya.
 

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024