KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengajak masyarakat kepulauan Bangka Belitung menyaksikan debat pertama dan menekankan agar para pendukung pasangan calon (paslon) yang akan mengikuti debat pertama calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung di Pilkada serentak 2024 yang berlangsung di Novotel Bangka malam ini dapat mematuhi tata tertib pelaksanaan debat.

Komisioner KPU Bangka Belitung, Deny mengatakan  KPU Babel sudah menggelar rapat dengan Bawaslu, tim perumusan, tim peneliti dan tim pengamanan dari Polda Bangka Belitung terkait persiapan debat pertama yang akan digelar malam ini.

"Kami sudah membahas pelaksanaan teknis dan pengamanan. Dan kami harap para pendukung paslon tertib sesuai aturan, tidak ada teriakan yel-yel kecuali saat diminta oleh moderator dan tidak boleh mendeskriditkan paslon lain," kata Deny di Pangkalpinang, Rabu.

Deny juga menjelaskan untuk akronim atau istilah singkatan harus disebut masing-masing paslon dengan jelas agar semua paham dan mengerti makna dari akronim-akronim tersebut dan tidak ada lagi yang bertanya.

"Akronim atau istilah-istilah singkatan harus disebut masing-masing paslon agar paham dan mengerti makna akronim tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, debat pertama ini mengusung tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Bangka Belitung, Penguatan Demokrasi Lokal dan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif menuju Provinsi Babel yang Berkelas dan Berkeadilan.”

"Di debat pertama ini pointnya mereka akan membahas setengah tentang rencana pembangunan jangka pendek daerah (RPJPD) Bangka Belitung. Dan setengahnya nanti akan dibahas pada debat kedua nanti di Belitung 18 November mendatang," ujarnya.

Debat publik pertama yang akan digelar di Novotel Bangka ini akan disiarkan secara langsung melalui berbavar platform, termasuk INews TV, TVRI, RRI, dan kanal YouTube resmi KPU Bangka Belitung.

"Kami berharap masyarakat bisa menyaksikan debat ini secara langsung untuk lebih memahami visi dan misi calon pemimpin mereka agar nanti mereka yakin memilih paslon yang mana," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024