Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat pemilih menyimak acara debat publik calon bupati dan wakil bupati pada tahapan Pilkada 2024.

"Kami perkirakan acara ini berlangsung seru karena masing-masing pasangan calon akan memaparkan ide dan gagasan tentang rencana pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Darjiyono di Mentok, Kamis.

Ia menjelaskan debat publik kali ini mengusung tema penguatan pondasi ekonomi-sosial daerah dalam memajukan Bangka Barat berdaya saing dan berkesinambungan.

Kegiatan akan dilaksanakan pada Jumat (25/10) di Graha Aparatur Kompleks Perkantoran Pemkab Bangka Barat di Mentok, mulai pukul 19.30 WIB.

"Persiapan kami untuk menggelar kegiatan ini sudah matang, kita juga mengundang pasangan calon dan tim," katanya.

Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Kadir Jailani mengatakan panitia telah mengatur teknis aturan debat pasang calon bupati dan wakil bupati agar kegiatan itu bisa berjalan lancar, tertib, aman dan nyaman.

Dia menegaskan para tamu yang hadir wajib mematuhi aturan yang sudah disampaikan dan panitia juga membatasi jumlah pendukung yang bisa masuk dalam lingkungan acara.

"Untuk setiap pasangan peserta pilkada, kami batasi jumlahnya yang bisa masuk dalam gedung yaitu masing-masing 15 orang, sedangkan yang di halaman 35 orang," katanya.

Dia mengatakan pembatasan jumlah kehadiran itu dilakukan sebagai salah satu bentuk antisipasi agar acara berjalan lancar dan juga terkait dengan kapasitas gedung yang terbatas.

"Kegiatan debat ini, salah satu kampanye yang difasilitasi KPU Bangka Barat maka kami meminta seluruh peserta debat untuk menghindari kalimat atau kata-kata yang susah dipahami peserta lain," ujarnya.

"Jika memang mereka akan memakai singkatan atau akronim dan istilah diminta untuk menjelaskan maksud dari singkatan tersebut. Kami juga minta mereka tidak menyerang secara personal," katanya lagi.

Pihak KPU mengajak masyarakat menyimak acara debat melalui media elektronik yang telah ditunjuk sebagai mitra KPU Bangka Barat atau bisa melalui akun Facebook KPU Bangka Barat.

"Kita juga menyiarkan langsung melalui TVRI, RRI dan beberapa radio swasta lokal," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024