Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menunggu realisasi bantuan sejumlah alat mesin pertanian (Alsinta) tahap dua dari Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian di daerah itu.

"Beberapa hari lalu bantuan tahap pertama sudah tiba berupa traktor tangan roda dua sebanyak 23 unit dan langsung kami serahkan kepada 14 kelompok tani penerima yang berasal dari empat kecamatan, kami berharap bantuan tahap dua segera tiba agar bisa disalurkan untuk membantu petani," kata Kepala Bidang Pertanian dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat, Darmono di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan, bantuan alat mesin pertanian tahap dua berupa traktor roda empat sebanyak 20 unit, mesin pompa air 20 unit dan mesin tanam padi 13 unit diperkirakan akan segera tiba karena saat ini sudah memasuki akhir tahun anggaran.

Ia menambahkan, pihaknya sudah mendata calon kelompok tani penerima bantuan tersebut berdasarkan proposal yang sudah masuk pada tahun sebelumnya.

"Kelompok tani penerima memang membutuhkan bantuan tersebut, kami harapkan melalui bantuan ini mereka semakin termotivasi menggeluti dengan sungguh-sungguh pekerjaannya sebagai petani sehingga produksi pangan lokal semakin meningkat," kata dia.

Ia mengatakan, bantuan yang disalurkan merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam mendorong petani semakin produktif.

"Apabila bantuan sudah tiba akan langsung kami cek kondisinya dan langsung kami salurkan kepada kelompok tani penerima, seperti yang dilakukan beberapa hari sebelumnya," kata dia.

Ia mengatakan, pada Jumat (7/10) Pemkab Bangka Barat telah menyalurkan bantuan dari Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana, berupa 23 unit mesin traktor roda dua kepada 14 kelompok tani.

Sebanyak 14 kelompok tani tersebut masing-masing kelompok tani penerima bantuan satu mesin terdiri dari Kelompok Tani Budi Luhur Desa Belolaut Muntok, Poktan Setia Makmur Desa Dendang, Poktan Kulan Jaya Desa Pangkalberas, Gapoktan Usaha Bersama Pangkalberas, Poktan Karya Tani Desa Airnyatoh, Poktan Jebul Ibul, dan Poktan Prima Tani Desa Simpangyul.

Sedangkan kelompok tani penerima bantuan dua unit traktor masing-masing Poktan Temiangsari Desa Dendang, Gapoktan Panca Usaha Bersama Desa Kacung, Gapoktan Karya Usaha Desa Kelapa, Gapoktan Tunasmuda Desa Airnyatoh, dan Gapoktan Kitamaju Desa Peradong.

Selanjutnya dua kelompok tani mendapatkan bantuan tiga traktor yaitu Kelompok Tani Reget Rawak Desa Dendang dan Gapoktan Sinar Belawang Desa Mancung.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016