Pangkalpinang (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum dan Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung menggelar Deklarasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2017 yang berintegritas dan damai, Selasa pagi.

"Tema Pilkada yang berintegritas dan damai ini kami pilih, di karenakan dengan kampanye yang berintegritas berarti kita berkampanye secara bertanggungjawab, sedangkan damai berarti kita turut memelihara Kamtibmas sekaligus mengahragai perbedaan," kata Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fahrurozi di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya selaku penyelenggara sejak awal ingin memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berlangsung secara umum, bebas dan rahasia.

"Kami juga sebagai pelayan tentunya akan memberikan pelayanan secara maksimal baik kepada peserta maupun pemilih. Tentunya dalam pelaksanaan kampanye ini, kami sudah berkoordinasi dengan seluruh timpasangan calon dalam menentukan zona, penempatan APK hingga penetapan jadwal kampanye," katanya.

Dikatakannya, pada periode ini perinsip kampanye digeser dari perinsip sosialisasi kepada perinsip edukatif, untuk itu pihaknya membatasi alat peraga kampanye yang komunikasi satu arah agar para pasangan calon bisa bertemu langsung dengan calon pemilih.

"Jika para pasangancalon langsung bertatap muka dengan para pemilih, maka akan tercipta komunikasi dua arah dalam rangka penajaman program masing-masing," katanya.

Ia mengatakan, kalau para peserta Pilgub mau menang, maka jangan mendekatai penyelenggara melainkan harus mendekati para pemilih. Dalam hal ini, pihaknya sudah berkomitmen dalam penyelenggaraan Pilgub tersebut harus berintegritas dan hasilnya juga harus berintegritas juga.

"Dalam penyelenggaraan ini kami harus netral dan kami harus memperlihatkan netralitas itu. Kalau nanti dalam pelaksanaannya ada indikasi mohon segera dilaporkan kepada kami untuk ditindak tegas secara etik," ujarnya.

Dalam kegiatan Deklarasi Pilkada Berintegritas dan Damai tersebut, dilaksanakan pembacaan deklarasi damai oleh KPU Bangka Belitung yang diikuti oleh seluruh pasangan calon, kemudian dilanjutkan dengan penandatangan naskah deklarsi berintegritas dan damai oleh seluruh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016