Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menanam 201.007 pohon guna menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

"Selama Desember 2016 ditargetkan penanaman pohon sebanyak 201.007 pohon, dalam rangka Hari Bakti PU ke-71 Kementrian PUPR dan Hari Menanam Pohon Indonesia," kata Kepala Dinas PU Kepulauan Babel Hasanuddin di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan aksi tanam pohon itu dalam rangka penyelamatan hutan, tanah dan air yang dilaksanakan oleh Kementrian PU dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang digelar secara serentak di 34 provinsi.

"Jumlah pohon yang ditanam Kementerian PUPR tahun ini sudah 361.202 pohon dan Oktober sudah menanam 160.195 pohon," ujarnya.

Ia mengatakan aksi tanam pohon yang diinisiasi pemerintah dengan mencanangkan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA), agar fungsi dan kinerja pengelolaan sumber daya air lebih meningkat untuk menghadapi berbagai tekanan yang ada.

"Penanaman pohon merupakan aksi konkrit kita untuk memulihkan kondisi daerah aliran sungai (DAS) sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam dan merawat pohon," ujarnya.

Menurut dia aksi penanaman pohon juga dapat dijadikan sebagai momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta sebagai bagian dari upaya konservasi sumber daya air.

"Kementerian PUPR setiap tahunnya telah berpartisipasi aktif menambah jumlah pohon di Indonesia melalui berbagai aksi menanam pohon di berbagai proyek infrastruktur bidang PUPR seperti waduk, sempadan sungai dan jalan arteri maupun jalan tol," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016