Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat meminta  para pemuka agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bangka agar tetap menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama terutama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Ini menjelang Natal dan Tahun Baru, hargai teman-teman dan saudara-saudara kita yang akan beribadat," kata bupati di Sungailiat, Jumat.

Ia berharap masyarakat saling menghormati keyakinan dan kepercayaan masing-masing sehingga tercipta kesatuan dan persatuan bangsa.

"Mudah-mudahan perayaan Natal dan Tahun Baru nantinya dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gesekan antaraumat beragama," katanya.

Ia mengatakan, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, bupati harus menjaga kerukunan umat beragama.      
     
Selain itu, perusahaan-perusahaan juga tidak boleh mewajibkan karyawannya menggunakan pakaian tertentu dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Alangkah indahnya kalau kita bersama-sama menjaga dan ikut mengamankan, jadi ini sesuatu yang sangat penting bagaimana kita wujudkan bahwa indonesia itu negara religius yang nasionalis," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah berkordinasi dengan pihak keamanan seperti Kepolisian dan TNI dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan harapan perayaan penghujung tahun tersebut tetap aman dan terkendali.

"Kita juga harus menjaga kebersamaan antarsesama, sikapi isu negatif dengan kepala dingin dan tidak terprovokasi," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016