Sungailiat (Antara Babel) - Empat peserta asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepuluan Bangka Belitung dinyatakan lolos ke seleksi Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2017 tingkat provinsi.

"Peserta asal Kabupaten Bangka yang lolos terdiri atas dua laki-laki dan dua perempuan," ujar Ketua Panitia Seleksi KPN tingkat Kabupaten Bangka, Sheila Shafira di Sungailiat, Senin.

Mereka adalah Dara Krismonita, Vin Seftalia, Robiyanto dan Rapdi Rakasiwi yang berusia antara 17 sampai 25 tahun. Keempatnya dinyatakan lolos setelah mengikuti serangkaian tes kemampuan fisik, mental, dan pengetahuan.

Ajang KPN yang diprakarsai Kementerian Pemuda dan Olahraga itu bertujuan menghimpun para pemuda pemudi dari seluruh Indonesia dalam satu kapal. Di kapal itu mereka nantinya akan diberi materi kebaharian dan kemaritiman dengan narasumber antara lain dari Kemenpora dan TNI AL.

"Kuota peserta dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak tiga orang dan kami berharap dua di antaranya dari Kabupaten Bangka," katanya.

Sheila Shafira mengatakan selain harus mahir berenang peserta KPN juga wajib menguasai pengetahuan tentang kawasan bawah laut.

"Peserta dalam waktu tertentu akan belayar dan singgah untuk mengenali beberapa daerah di Indonesia dimana pengalaman tersebut diharapkan bermanfaat untuk daerah masing-masing," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017