Sungailiat (Antara Babel) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Then Suyanti mengajak seluruh masyarakat di daerah itu untuk meningkatkan kebersihan lingkungan untuk mencegah munculnya berbagai ancaman penyakit.

"Saya mengajak seluruh warga masyarakat agar tetap meningkatkan dan menjaga kebersihan lingkungan, berawal dari lingkungan yang kotor sumber penyakit dapat muncul," katanya di Sungailiat, Rabu.

Dia minta barang-barang bekas yang tidak digunakan hendaknya dimusnahkan baik dengan cara di menguras bak atau tempat genangan air, menutup rapat semua wadah air dan menguburnya.

"Perilaku hidup sehat bagi masyarakat harus tetap ditanamkan karena dengan badan yang tetap sehat segala aktivitas sehari-hari dapat dilakukan," ujarnya.

Pencegahan penyakit diawali dari diri sendiri mulai dari kebersihan lingkungan, pola makan yang teratur sampai pada pengecekan kesehatan secara rutin.

Ia mengatakan, pemerintah Kabupaten Bangka menetapkan program kesehatan menjadi hal penting untuk diperhatikan secara serius mulai dari gerakan masyarakat hidup sehat serta program lainnya yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat termasuk penyaluran kelambu gratis bagi ibu hamil.

Gerakan masyarakat hidup sehat  adalah suatu tindakan yang sistematis, terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tujuan dari gerakan masyarakat hidup sehat adalah agar masyarakat berperilaku sehat sehingga diharapkan berdampak pada, kesehatan terjaga.

Jika sehat, produktivitas masyarakat meningkat, terciptanya lingkungan yang bersih serta beban masyarakat untuk merawat orang sakit berkurang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017