Pangkalpinang (Antara Babel) - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) mendorong Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menerapkan sistem e-katalog dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintahan daerah itu.

"E-katalog jelas mempermudah pemerintah daerah dalam pengadaan barang dan jasa, karena tidak perlu lagi melalui proses lelang yang memakan waktu 1-2 bulan," kata Kepala LKPP Agus Prabowo  saat menyosialisasikan e-katalog di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan penerapan e-katalog ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan transparasi proses pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah. Sistem tersebut dapat memangkas waktu dan biaya belanja pemerintah karena harga yang tercantum adalah harga terbaik dan sudah melalui verifikasi oleh team LKPP.

"E-katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui e-katalog pembelian barang/jasa dilakukan secara tepat dan mudah," ujarnya.

Menurut Agus, LKPP optimis e-katalog akan menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien.

"Melalui e-katalog, instansi pemerintah bisa membeli barang/jasa yang dibutuhkan tanpa melalui proses tender," ujarnya.

General Manager Ayooklik.com, Rudi Hartono sebagai penyedia layanan  menambahkan, sejak 01 Januari 2016 secara resmi, Ayooklik.com ikut mendukung kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui e-katalog.

Beberapa kategori produk yang ditawarkan yaitu computer, software, peralatan studio, peralatan komunikasi, office equipment dan computer supplies. Semua produk yang disuplai oleh Ayooklik.com dipesan dari prisipal resmi di Indonesia.

"Ayooklik.com juga memiliki layanan untuk mengecek status pembelian hanya dengan memasukkan kode pembelian, customer sudah dapat dengan mudah untuk memantau posisi barang yang di order," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017