Sungailiat  (Antara Babel) - Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat di daerah itu menerapkan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari(KRP) untuk mewujudkan pertanian yang tangguh dan kesejahteraan keluarga.

"Konsep KRPL ini memanfaatkan pekarangan ramah lingkungan dalam satu kawasan dengan tujuan untuk pemenuhan pangan dan gizi serta meningkatkan pendapatan keluarga melalui partisipasi masyarakat," kata Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Suhodo di Sungailiat, Rabu.

Menurut dia, apabila lahan pekarangan dimanfaatkan dengan baik maka segala persoalan perekonomian akan dapat diatasi, bahkan dengan cara itu bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Lahan luas apabila tidak termanfaatkan dengan baik maka sangat sayang sekali, padahal itu adalah salah satu usaha yang dapat menambah penghasilan," katanya.

Ia mengatakan memanfaatkan pekarangan rumah dengan berbagai jenis tanaman pangan berguna untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat akan gizi dan menjadikan lingkungan rumah bersih serta nyaman.

Menurutnya, pemanfaatan pekarangan rumah bisa dengan menanam sayur mayur dan jenis tanaman pangan lain yang berumur pendek.

"Dengan menanam sayuran dan pangan lainnya sendiri, kesehatan masyarakat akan lebih terjamin karena dapat dipastikan tanpa bahan kimia," katanya.

Selain itu masyarakat juga diimbau untuk mengoptimalkan pekarangan rumah mereka untuk menanam berbagai jenis tanaman hortikultura.

"Optimalisasi itu akan sangat membantu ekonomi keluarga karena warga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk memenuhi kebutuhan dapur karena sudah bisa dicukupi sendiri," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017