Pangkalpinang (Antara Babel) - Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong para generasi muda dapat menjadi pengusaha sebagai upaya peningkatan perekonomian di daerah itu.

"Kami selalu mendorong agar para generasi muda dapat memiliki niat menjadi pengusaha sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru sebagai upaya peningkatan ekonomi di Kepulauan Babel," kata Kepala Kantor BI Perwakilan Kepulauan Babel, Bayu Martanto di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menerangkan pihaknya akan mengintensifkan program-program yang bertujuan untuk memacu generasi muda Kepulauan Babel agar mampu berwirausaha.

"BI Kepulauan Babel akan mengintensifkan program kewirausahaan seperti seminar, pelatihan dan perlombaan yang diharapkan dapat memacu generasi muda untuk menjadi pengusaha," ujarnya.

Menurut dia, BI merupakan lembaga negara yang memiliki tugas untuk mengendalikan rupiah seperti stabilisasi harga dan nilai tukar, namun pihaknya juga menginginkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkesinambungan.

"Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkesinambungan dapat ditunjang dengan sektor kewirausahaan yang baik," terangnya.

Ia mengatakan angka kesenjangan sosial di Kepulauan Babel cukup baik dengan angka 0,28 atau di bawah rata-rata nasional sebesar 0,4 karena ditunjang dengan kekayaan alam yang cukup melimpah dari sektor pertambangan dan perkebunan.

"Kekayaan alam seperti pertambangan sangat bergantung dari segi cadangan sumber dayanya yang terbatas sehingga perlu merubah cara pandang para generasi muda di Kepulauan Babel agar mampu berwirausaha," katanya.

Pewarta: Mahendra

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017