Muntok (Antara Babel) - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan rekrutmen petugas panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan yang akan bertugas pada pemilu legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

"Rekrutmen petugas pengawas tingkat kecamatan ini mengacu pada Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 0889/Bawaslu/PM.00.00/lX/2017 perihal Pengawasan Pendaftaran dan Penelitian Administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019," kata ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Rio F Fahlevi di Muntok, Senin.

Perekrutan anggota pengawas kecamatan dilakukan seiring dimulainya tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2019 yang dimulai pada 3-16 Oktober 2017.

Dia mengatakan, calon anggota bisa mulai mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka Barat yang beralamat di Jalan Kapten Ali Zein Muntok atau di kantor kecamatan masing-masing.

"Kami akan merekrut sebanyak tiga orang untuk masing-masing kecamatan, tahap pendaftaran akan dimulai pada 7 hingga 13 Oktober 2017," kata dia.

Ketua kelompok kerja rekrutmen panwaslu kecamatan, Ekariva Annas Asmara mengatakan seluruh warga negara Indonesia berhak mendaftarkan diri sebagai calon anggota panwaslu kecamatan dengan syarat usia paling rendah 25 tahun, memiliki integritas, berkepribadian kuat, jujur dan adil.

"Pendidikan minimal SMA atau sederajat, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan pemilu dan sanggup bekerja penuh waktu," katanya.

Selain itu, calon anggota panwaslu kecamatan harus mampu secara jasmani rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika yang dibuktikan dengan surat keterangan.

Calon anggota juga tidak menjadi anggota partai politik, tidak pernah menjadi anggota partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun terakhir yang dinyatakan secara tertulis dalam surat pernyataan yang sah.

"Pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya apapun, agar lebih jelas calon anggota bisa menanyakan langsung ke panitia di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka Barat," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017