Pangkalpinang (Antara Babel) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memeriksa kelayakan dan alat keselamatan kapal penumpang, sebagai kesiapan pelabuhan menyambut Natal dan Tahun Baru 2018.

"Pemeriksaan untuk memastikan kapal layak berlayar dan memberikan pelayanan kepada calon penumpang yang akan mudik merayakan Natal dan Tahun Baru," kata Kasubsi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli KSOP Pangkalbalam Harlansyah di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini tim sedang melakukan pemeriksaan dan pengecekan kesiapan alat navigasi kapal, alat keselamatan, pemadam kebakaran, kesiapan nakhoda dan anak buah kapal merespons keadaan darurat, permesinan, kelistrikan kapal dan lainnya.

"Apabila ada kapal penumpang yang tidak memenuhi salah satu syarat kelayakan berlayar, maka kapal tersebut tidak diperbolehkan berlayar mengangkut penumpang hingga syarat tersebut dipenuhi," ujarnya.

Ia mengatakan untuk memastikan kelayakan berlayar kapal tersebut, pihaknya juga melakukan pengetesan kelengakapan dan kesiapan nakhoda serta ABK kapal menghadapi keadaan darurat.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini pemeriksaan dan pengetesan kelayakan berlayar enam kapal penumpang yang disiapkan mengangkut calon penumpang Natal dan Tahun Baru ini selesai," ujarnya.

Menurut dia untuk memberikan kenyamanan kepada calon penumpang kapal, pihaknya juga akan menyiapkan posko pengamanan terpadu di terminal pelabuhan.

"Mudah-mudahan arus penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru nanti berjalan dengan aman, tertib dan lancar," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017