Koba (Antaranews Babel) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merekrut anggota panitia pengawas kelurahan dan desa, dalam rangka mengawal pemilihan umum mendatang.

"Panitia pengawas kelurahan dan desa harus segera dibentuk karena mereka bagian dari ujung tombak Bawaslu dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi yang jujur dan adil," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Jumat.

Pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk dan instruksi daru Bawaslu RI melalui Bawaslu Babel terkait petunjuk teknis perekrutan calon anggota panitia pengawas kelurahan dan desa.

"Kalau sudah ada petunjuk maka kami segera merekrut anggota panitia pengawas kelurahan dan desa untuk membantu tugas Bawaslu dalam melakukan pengawasan hingga ke pelosok," katanya.

Ia mengatakan, idealnya rekrutmen anggota panitia pengawas kelurahan dan desa berbarengan dengan rekrutmen panitia pemilih kecamatan dan panitia pemungutan suara.

"Pihak KPU sudah selesai merekrut anggota PPK dan PPS, bahkan sudah dilantik dan mulai melaksanakan tugas hingga tujuh bulan ke depan," katanya.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan mengawasi secara ketat terhadap semua tahapan pemilu 2019 untuk menciptakan pesta demokrasi yang berkualitas.

"Kami juga mengharapkan dukungan berbagai elemen masyarakat untuk mengawasi tahapan pemilu nanti dan memberikan informasi kepada kami terkait dugaan pelanggaran yang terjadi di lapangan," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018