Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Kementerian Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah meminta koperasi serta badan usaha milik desa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan sinergi untuk mempercepat perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Dengan bersinergi maka dapat meminimalkan permasalahan yang terjadi dalam proses pengembangan desa dari koperasi dan BUMDes," kata Asisten Deputi Penelitian dan Pengkajian SDM Kemenkop Christina Agustin saat memimpin seminar isu strategis di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan suatu desa dapat menciptakan program yang baik untuk mengembangkan desa jika koperasi dan BUMDes bersinergi dan berkoordinasi membuat pola pikir yang sama untuk membangun desa.

"Kita akan berupaya agar koperasi dan BUMDes saling bersinergi sehingga mereka dapat fokus meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan-pelatihan dan sosialisasi. Apalagi sekarang ini kita lebih mengedepankan kualitas dibanding kuantitas," ujarnya.

Menurut dia, jika koperasi dan BUMDes saling bersinergi, maka suatu desa akan cepat berkembang. Misalnya melalui koperasi masyarakat desa membuat suatu produk dan produk tersebut dipasarkan BUMDes melalui galeri dan jejaringnya.

"Dengan begitu melalui koperasi masyarakat dapat menghasilkan produk berkualitas dan BUMDes mendapat profit lebih dari pemasaran produk tersebut," ujarnya.

Ia berharap koperasi dan BUMDes di semua desa dapat berjalan dan bermanfaat untuk masyarakat sehingga perkembangan ekonomi suatu desa dapat terlihat dan menyejahterakan masyarakat.

"Kita yakin suatu desa cepat berkembang jika koperasi dan BUMDes saling bersinergi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018