Koba (Antara Babel) - Bupati Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menilai cerita dongeng dapat membantu pembentukan karakter anak.


"Karena itu kita mengimbau agar para orang tua membiasakan diri untuk membacakan cerita yang dapat dijadikan tauladan bagi anak-anak menjelang mereka tidur," katanya di Koba, Kamis.


Menurut dia, dengan membacakan cerita kepada anak dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa mereka, namun cerita yang disampaikan harus mengandung unsur positif dan tauladan bagi anak.


Orang nomor satu di Bangka Tengah itu mengatakan, saat sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk membacakan dongeng karena anak akan dapat tidur dengan lebih nyenyak.


"Kualitas tidur yang baik termasuk bagi anak-anak akan mempengaruhi kesiapan mental dan kesegaran fisik pada esok paginya ketika dia bangun," ujarnya.


Dikatakannya, melalui dongeng konsep abstrak seperti rasa sayang, tolong menolong dan pesan positif lainnya dapat dengan mudah dimengerti anak-anak.


"Kemampuan konseptual anak kemudian akan berpengaruh pada kemampuan mereka dalam menyikapi konsep-konsep yang ditemuinya dalam kehidupan nyata," ujarnya lagi.


Lebih lanjut disampaikannya, buku cerita anak yang menyisipkan nilai moral seperti penghargaan terhadap teman dan orang tua, menolong sesama, etika dan sebagainya memiliki nilai-nilai noral yang disampaikan sesuai dengan tahapan perkembangan dan pemahaman anak.


"Orang tua juga bisa menyelipkan pesan moral lain yang relevan dengan jalan cerita dalam dongeng tersebut," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Septi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014