Tanjung Pandan (Antaranews Babel) - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, nomor urut empat Sahani Saleh dan Isyak Meirobie memperoleh suara terbanyak berdasarkan keputusan sidang pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat kabupaten, Kamis.

"Pasangan Sahani Saleh-Isyak Meirobie memperoleh 28.366 suara dan unggul di tiga kecamatan dari lima kecamatan, yakni Kecamatan Tanjung Pandan, Sijuk dan Membalong," kata Ketua KPU Belitung Sony Kurniawan di Tanjung Pandan.

Sementara di urtan kedua diperoleh pasangan nomor urut dua Hellyana-Djunaidi Rahman dengan perolehan 25.973 suara, diikuti pasangan nomor urut satu Azwardy Azhar-Erwandi A. Rani dengan perolehan 22.458 suara, dan keempat pasangan nomor urut tiga Andi Lanna-Zulfriandi dengan perolehan 9.163 suara.

Ia mengatakan, rapat pleno tersebut merupakan tahapan yang dilakukan oleh KPU Belitung setelah tahapan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan selesai dilakukan.

"Berdasarkan tahapan program dan jadwal, semua proses rekapitulasi di tingkat PPK pada 27 - 30 Juli sudah selesai dilakukan. Sesuai aturan dan jadwal ditetapkan 4-6 Juli KPU harus menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat Kabupaten," ujarnya.

KPU Belitung mengesahkan hasil sidang pleno tersebut dan memberikan waktu setelah tiga hari masa kerja kepada masing-masing pasangan calon apabila hendak mengajukan keberatan atau gugatan terhadap keputusan pleno tersebut.

"Kami akan kirimkan hasil ini ke Mahkamah Konstitusi dan menunggu apakah ada gugatan perselisihan hasil pemilu atau tidak. Kami memberikan ruang kepada yang merasakan keberatan atau gugatan dengan hasil keputusan ini setelah tiga hari masa kerja dari keputusan ini ditetapkan," katanya.

Kemudian apabila tidak ada gugatan atau keberatan maka tahapan selanjutnya KPU akan menggelar kembali pleno penetapan pasangan terpilih.

"Apabila hasil tersebut sudah dikembalikan ke kami, maka paling lama tiga hari setelah itu kami akan melakukan pleno penetapan dan untuk jadwal pelantikan itu ranah Kemendagri yang menentukan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018