Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan persiapan keberangkatan 1.070 orang calon haji sudah mencapai 90 persen untuk menunai ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

"Hingga saat ini tahapan persiapan pemberkasan dokumen keberangkatan calhaj berjalan lancar dan diperkirakan selesai pekan depan," kata Kepala Bidang Haji Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Babel M Sidik di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan sebanyak 1.070 calhaj asal Provinsi Kepulauan Babel tergabung dalam tiga kloter yaitu tujuh, delapan dan sembilan akan mulai diberangkatkan ke Mekkah pada Jumat (27/7) melalui embarkasi Palembang, Sumatera Selatan.

"Saat ini dokumen pemberangkatan calhaj masih dalam tahap pembuatan visa paspor calhaj dan pada pekan ini sudah bisa dibagikan kepada calhaj," ujarnya.

Menurut dia lima dari 1.070 calhaj provinsi ini merupakan jemaah mutasi masuk dari Jawa Barat dua orang, Medan dua orang dan Padang satu orang.

"Jemaah mutasi ini, karena adanya kebijakan bahwa calhaj berhak dan bisa mendaftar di tempat domisili bersangkutan. Proses mutasi ini dilakukan pada saat perlunasan BPIH," katanya.

Ia menambahkan perlunasan BPHI calhaj sudah selesai 100 persen dari Mei tahun ini.

"Mudah-mudahan dalam minggu ini seluruh dokumen calhaj ini dibawa ke embarkasi Palembang atau sebelum keberangkatan calhaj ke tanah suci," katanya.

Sementara itu Kasi Pembinaan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Kepulauan Babel, Ridwan Yuniharto mengimbau calhaj untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Kami berharap calhaj untuk mulai menerapkan pola hidup sehat, karena ibadah haji pada prinsipnya ibadah fisik," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018