Sungailiat (Antaranews Babel) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan sembilan unit kapal nelayan.

"Kesembilan kapal yang akan disalurkan ke nelayan itu berkapasitas lebih kurang tiga gross ton bersumber dana dari anggaran pendapatan belanja daerah," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, DKP Kabupaten Bangka, Ibnu di Sungailiat, Jumat.

Bantuan kapal nelayan yang rencananya disalurkan langsung ke nelayan penerima  pada bulan Oktober 2018, masing-masing kapal dilengkapi dengan alat tangkap ikan dan peralatan pendukung lainnya seperti, jaring milinium, GPS, kompas dan kotak ikan "cool box".

"Bantuan kapal dan alat tangkap ikan disalurkan kepada nelayan yang tergabung dalam wadah kelompok usaha bersama," katanya.

Ia mengakui, minat nelayan untuk mendapatkan bantuan kapal dari pemerintah melalui usulan proposal cukup banyak, namun semuanya belum dapat disetujui mengingat keterbatasan anggaran.

"Berkas usulan bantuan kapal dari kelompok nelayan cukup banyak tetapi belum semuanya dapat disetujui karena terbatasnya anggaran pemerintah pusat maupun daerah," jelasnya.

Dihimbau bagi kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan kapal maupun alat tangkap ikan lainnya, agar dapat dipergunakan semaksimal mungkin guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Tujuan bantuan kapal ikan bagi nelayan salah satunya membantu peningkatan perekonomian masyarakat nelayan tersebut.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018