Tanjung Pandan (Antaranews Babel) - Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erwandi Rani meminta semua pihak untuk mendukung kabupaten setempat untuk menjadi Kabupaten Sehat Tahun 2018.  

"Kami sangat mendukung dan mengupayakan Belitung menjadi kota yang sehat. Ini adalah sebuah gerakan yang sangat mulia. Segala sesuatu yang kami berikan kepada masyarakat agar terwujudnya kabupaten sehat," katanya di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia kesehatan adalah sebuah program mendasar bagi setiap negara atau wilayah. Maka dari itu pemerintah selalu memberikan fokus lebih terhadap program dan layanan kesehatan di suatu daerah.

"Kesehatan merupakan program andalan dan dasar setiap wilayah atau negara, karena di dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat," katanya.

Ia menambahkan upaya untuk mewujudkan kabupaten sehat bisa dilakukan dengan berbagai hal, terutama adalah kesadaran untuk menjaga perilaku hidup bersih sehat (PHBS).

"Masyarakat harus sadar menjaga lingkungan demi kesehatan bersama. Kita jadikan PHBS sebagai budaya. Mengapa kita tidak bisa sedangkan orang luar bisa," ujarnya.

Sekda Kabupaten Belitung Karyadi Sahminan mengatakan pemerintah daerah mendukung Belitung menjadi Kabupaten sehat dengan beberapa kebijakan-kebijakan.

"Kebijakan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan Kabupaten sehat sudah kita siapkan. Kebijakan tersebut juga dilakukan oleh nasional.  Hanya saja karakter yang di daerah berbeda makanya harus menyesuaikan dan melakukan inovasi," ujarnya.

Program tersebut, kata Karyadi, dipersiapkan dalam jangka waktu panjang untuk mewujudkan generasi sehat dan Kabupaten sehat di daerah itu.

"Program tersebut jangka panjang. Fisik mereka sehat tetapi mental mereka juga harus sehat jadi totalitas. Kita menyesuaikan dengan kebutuhan kompetensi abad 21," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018