Tanjung Pandan (Antaranews Babel) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum menerima laporan dari para petani terkait kekeringan lahan pertanian sehingga mempengaruhi produksi hasil pertanian di daerah itu.

"Sampai saat ini kalau laporan kekeringan lahan dan berimbas ke tanaman belum ada. Karena kami juga turun ke lapangan untuk melakukan peninjauan ke beberapa kelompok tani," kata Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Distan Kabupaten Belitung, Haryanto di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia beberapa petani di daerah itu sudah melakukan antisipasi untuk menghadapi musim kemarau sehingga tidak terjadinya kekeringan lahan.

"Masing-masing lahan pertanian sudah dilengkapi dengan embung, sumur dangkal dan pompa air. Cuma ada beberapa embung yang hanya tadah hujan itu untuk lahan sawah. Namun untuk laporan kekeringan belum ada" ujarnya.

Sementara untuk hasil produksi pertanian di daerah itu sejauh ini belum terdampak akibat datangnya musim kemarau.

"Produksi masih aman kita juga baru panen padi kemarin. Untuk jenis lainnya seperti sayur-sayuran masih bagus. Baik petani atau penyuluh pertanian di lapangan tidak ada laporan gagal panen," katanya.

Ia mengimbau para petani di daerah itu untuk tidak khawatir dengan adanya kekeringan walaupun memasuki musim kemarau.

"Ancaman kekeringan tidak ada. Karena Belitung masih menerima kiriman hujan meski di musim kemarau. Jadi intinya adalah pengairan saja yang bisa di atur oleh petani," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018