Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima 63 usulan event pariwisata dari para pelaku usaha pariwisata se-Bangka Belitung, yang disampaikan melalui Focus Group Discussion (FGD) Mencari "World Class Attraction" atau atraksi kelas dunia.

"Semua usulan yang kita terima ini akan ditindaklanjuti dengan memilih event mana yang tepat untuk di prioritaskan," kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Disbudpar Babel, Ari Primajaya di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, 63 usulan tersebut disampaikan oleh 20 perwakilan pelaku usaha pariwisata, yakni Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Generasi Pesona Indonesia (GENPI), Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), perwakilan mahasiswa dan organisasi serta instansi terkait bidang pariwisata se-Bangka Belitung.

Dari 63 usulan yang disampaikan, beberapa diantaranya yakni, parade budaya Babel, yang disampaikan oleh perwakilan Universitas Bangka Belitung.

Perwakilan Genpi mengusulkan, napaktilas sejarah karang lintang dan sejarah korpus mapur dalam islamisasi Bangka. Festival kopi nusantara, jelajah malam budaya di museum, festival tari massal di tepi pantai.

Perwakilan GIPI mengusulkan, Belijonk Culture festival atau festival budaya dan  Babel food festival atau fetival kuliner. Perwakilan dari Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) mengusulkan Bangka culture wave dan Bangka dragon boat festival.

Perwakilan PHRI mengusulkan atraksi barongsai kolaborasi dengan pencak silat serta lomba makan martabak. Dan perwakilan dari Disbudpar Kota Pangkalpinang mengusulkan festival chengbeng dan nganggung seroja festival.

Sedangkan perwakilan dari pelaku wisata Bitung mengusulkan festival tanjung kelayang, pesona belitung beach featival, sail Indonesia, festival geopark,  triathlon Belitung internasional, dan tour the Belitung.

Dan perwakilan dari Disbudpar Beliting timur (Beltim) mengusulkan atraksi seni budaya, maras taun, Beltim wonderfull, Beltim fashion karnaval dan sail Indonesia.

"Semua usulan ini kami terima dan akan kami tindaklanjuti sebagai acuan kami mengusulkan dana dukungan terhadap event mana yang diprioritaskan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018