Pangkalpinang,  (Antaranews Babel) - Penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Tanjungpandan Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami peningkatan, karena minat masyarakat berlibur Natal dan Tahun Baru 2019 di negeri laskar pelangi itu tinggi.

"Memasuki liburan Natal dan tahun baru ini penumpang kapal tujuan Belitung mencapai 350 orang atau meningkat dibandingkan sebelumnya berkisar 120 orang per hari," kata Plt Deputy General Manager Operasi dan Teknik IPC Pangkalbalam Taufiq Budi Hidayanto di Pangkalpinang, Jumat.

Sementara itu, kata dia calon penumpang kapal laut rute Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta masih sepi atau berkisar 80 hingga 100 orang per hari jika dibandingkan kapasitas kapal mencapai 500 hingga 700 orang penumpang per kapal.

"Saat ini penumpang tujuan Belitung yang meningkat, sementara tujuan Jakarta masih sepi karena masyarakat lebih menggunakan angkutan udara untuk berpergian berlibur Natal dan tahun baru," katanya.

Menurut dia dengan adanya peningkatan calon penumpang ini, pihaknya meningkatkan fasilitas di terminal pelabuhan dan memprioritaskan sandar kapal-kapal penumpang di pelabuhan.

Selain itu, pihaknya bersama KSOP membangun posko pelayanan Natal dan Tahun Baru 2019 agar calon penumpang aman, nyaman dan tertib saat menunggu keberangkatan kapal di terminal pelabuhan.

"Selama liburan Natal dan Tahun Baru, kapal penumpang tujuan Belitung dioperasikan setiap hari, sebelumnya hanya beroperasi tiga kali dalam seminggu," katanya.

Kepala KSOP Pangkalbalam Izuar mengatakan mengintensifkan posko angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Saat ini kondisi keamanan kondusif dan keberangkatan serta kedatangan calon penumpang di pelabuhan berjalan lancar dan tertib," ujarnya.

Ia mengatakan personel posko angkutan lebaran ini merupakan gabungan instansi terkait di pelabuhan diantaranya Pelindo, Balai Karantina Pertanian, Bea Cukai, Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi, Polda, Dinas Perhubungan Provinsi Babel dan instansi terkait lainnya.

"Peningkatan calon penumpang tujuan Belitung masih sebatas wajar dan belum terjadi penumpukan penumpang di terminal pelabuhan," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018