Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tahun 2019 akan menyalurkan sebanyak enam unit kapal penangkapan ikan kepada sejumlah kelompok nelayan di daerah itu.

"Sesuai dengan rencana, tahun 2019 akan menyalurkan bantuan sebanyak enam unit kapal penangkapan ikan berkapasitas dibawah tiga gross ton melalui kelompok usaha bersama," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ibnu Taufik Hidayat, di Sungailiat, Kamis.

Menurutnya, bantuan kapal penangkapan ikan untuk nelayan melalui kelompok, bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta mengoptimalkan sumber daya perikanan tangkap. 

"Sebelum bantuan disalurkan kepada nelayan calon penerima, kami akan melakukan verifikasi terlebih dahulu termasuk turun kelapangan untuk memastikan calon penerima benar-benar layak menerima bantuan atau tidak," jelasnya.

Ia mengatakan, bantuan kapal tersebut disalurkan kepenerima sekitar Oktober 2019.

Mengingat keterbatasan anggaran yang tersedia, kegiatan bantuan kapal penangkapan ikan tahun 2019 lebih sedikit dibandingkan tahun 2018 yang mencapai sebanyak sembilan unit kapal.

"Sebagaimana ketentuan, nelayan calon penerima bantuan adalah nelayan yang tergabung dalam kelompok yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah," jelasnya.

Dia berharap nelayan yang menerima bantuan, hendaknya dapat dipergunakan dengan baik untuk kegiatan penangkapan ikan sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019