Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai bentuk peduli kesehatan remaja membentuk Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Remaja di dua desa di daerah itu.

"Pembentukan serta pelantikan Kader Posyandu Remaja tersebut sebagai bentuk peduli Pemkab Bangka terhadap para remaja yang jauh dari akses pelayanan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, Pemkab Bangka melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melantik Kader Posyandu Remaja Desa Pemali dan Desa Karya Makmur, Kecamatan Pemali.

Menurut dia, Kader Posyandu Remaja diharapkan menjadi sebuah wadah masyarakat yang memfasilitasi remaja dalam memahami permasalahan kesehatan mereka, memperluas jangkauan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dalam memberikan pelayanan promotif dan preventif kepada sasaran remaja.

"Kami harap kader bisa memperhatikan kaumnya, terutama bagi remaja di daerah yang memiliki keterbatasan akses maupun hambatan geografis seperti daerah terpencil, daerah kepulauan atau terisolasi lainnya," katanya.

Ditambahkannya, kedepan keberadaan Posyandu Remaja tersebut dapat berjalan dengan efektif sesuai dengan tujuan utamanya yakni meningkatkan pelayanan kesehatan di kalangan remaja.

Kader Posyandu Remaja yang dilantik sebanyak 10 orang di dua desa dapat lebih memperhatikan kesehatan remaja di daerah nya dengan berkoordinasi dengan Puskesmas dan pemerintah desa setempat.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019