Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan minta seluruh kepala desa di daerahnya mampu memaksimalkan koordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) guna membangun desa sesuai kepentingan masyarakat.

"Saya minta seluruh Kades berkoordinasi BPD termasuk dalam penyusunan rancangan APBDes yang harus memperhatikan kondisi desa," katanya di Sungailiat, Jumat.

Kedua lembaga antara Kades dan BPD, dituntut harus mampu menjaga kemintraan dengan baik guna menetapkan arah pembangunan desa secara bersama-sama.

Dengan kerja sama yang erat antara kades dan BPD, segala persoalan yang ada di desa akan mudah diselesaikan secara bersama.

"Perencanaan program harus diprioritaskan pada pembangunan yang bermanfaat sehingga dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Kegiatan pembangunan di desa kata dia, harus singkron dengan visi misi Bangka Setara dalam mewujudkan pemerataan keadilan dan tingkat kesejahteraan.

"Orientasi pembangunan disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat desa, kepala desa harus bersedia menghindari pembangunan yang didasarkan pada keinginan sekelompok orang," katanya.

BPD sesuai ketentuannya mempunyai kewenangan, membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa, mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, membentuk panitia pemilihan kepala desa serta menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Bupati menekankan agar seluruh kades di daerahnya memelihara aset dan kekayaan yang dimiliki desa dengan baik dan benar untuk kepentingan desa, bukan untuk kepentingan pribadi dan golongan tetapi untuk kepentingan masyarakat desa secara merata.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019