Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengakui peran media masa atau pers dibutuhkan guna membantu roda pemerintahaan.

"Peran pers sebagai mitra pemerintah daerah dibutuhkan untuk menyampaikan informasi program rencana pembangunan maupun realisasi pembangunan sehingga diketahui masyarakat," katanya di Sungailiat, Senin menanggapi Hari Pers Nasional 2019.

Menurutnya, peran aktif pers yang tidak hanya memberikan informasi pembangunan namun juga sebagai media kontrol pembangunan memberikan dampak positif terhadap kerja pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan masyarakat.

"Tanpa diinformasikan pers semua kegiatan yang dilaksanakan pemerintah hanya jalan di tempat karena diketahui masyarakat secara umum," katanya.

Bupati menyarankan agar peran pers berjalan sesuai fungsi kontrol kepada pemerintah daerah sehingga kebijakan yang diambil sesuai dengan koridor aturan dan selalu berpihak kepada kepentingan masyarakat.

Sementara Ketua MUI Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri menyampaikan peran pers sangat dibutuhkan untuk saling mendapatkan informasi baik dari pemerintah untuk masyarakat maupun dari masyarakat untuk pemerintah.

"Saya menilai kerja keras teman-teman pers yang banyak beresiko sangat berat dan harus dihargai karena tanpa ada informasi masyarakat tidak akan tahu," katanya.

Dia menyarankan, agar kerja pers tetap berada pada posisinya sebagai pemberi informasi dan kontrol pembangunan dengan berpegangan pada ketentuan hukum dan kode etik.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019