Sungailiat, Bangka (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyosialisasikan kebijakan dan progres pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang sudah berjalan dan dipersiapkan kedepan kepada pemangku kepentingan di daerah itu.

"Terhitung kurang dari 64 hari pelaksanaan Pemilu 2019, sangat diperlukan persiapan yang matang dan dukungan dari semua unsur terutama dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka, M Hasan di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, KPU perlu berkoordinasi dengan semua pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2019, apalagi saat ini sedang melakukan perakitan logistik Pemilu 2019 serta memindahkan logistik dari Gudang KPU Bangka ke Gedung Diklat yang dipinjamkan oleh Pemkab Bangka.

Kegiatan Pemilu 2019 mendatang menggunakan 871 TPS di Kabupaten Bangka, jumlah pemilih di satu TPS sebanyak 300 pemilih hal ini menjadi salah satu persoalan di KPU Bangka, sehingga perlu disampaikan kepada aparat pemerintah di kecamatan hingga kepada kepala desa.

"KPU Bangka juga memerlukan dukungan untuk mempersiapkan tenaga Pelaksana Pemungutan Suara (PPS) yang bakal bertugas saat pelaksanaan Pemilu 2019," katanya.

Sementara, Komisioner Divisi Tekhnis Penyelengaraan KPU Bangka, Iman Supiar, mengatakan ketika mulai tahapan semua dikoordinasikan kepada teknis penyelenggaraan, mulai dari pendaftaran 461 calon dari 16 partai, tetapi ada partai yang tidak mengisi daerah pemilihan, sesuai edaran KPU Pusat terkait adanya calon yang meninggal dunia sebanyak 2 orang, maka ditetapkan sebanyak 459 orang calon peserta pemilihan legislatif di Kabupaten Bangka.

"KPU Bangka masih menunggu surat dari KPU Pusat terkait sudah masuknya kedua nama calon tersebut," kata Iman Supiar.

Diharapkan kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan PPS untuk selalu berkoordinasi dengan camat, lurah dan kepala desa terkait penggunaan fasilitas milik pemerintah di daerah masing-masing.

Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Bangka, Hartati, mengatakan KPU Bangka terkait pelaksanaan Pemilu 2019 sudah melakukan sosialisasi mulai bulan Oktober 2018 hingga sekarang ke delapan kecamatan di Kabupaten Bangka.

"Kami juga sudah melakukan penetapan tahapan kampanye bagi 16 partai politik yang dimulai bulan 27 Januari hingga 13 April 2019 terbagi sebanyak lima kali setiap partai politik delapan kecamatan di Kabupaten Bangka," kata Hartati.

Ditambahkannya, sosialisasi juga sudah dilaksanakan dengan berbagai program diantaranya KPU Goes To School, KPU dan Relawan Demokrasi mensosialisasikan tahapan Pemilu 2019 ke berbagai komunitas dan kelompok masyarakat.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019