Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat di daerah itu untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sehingga bisa meminimalisir banjir dan potensi terjadinya penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Mari kita menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan, jagalah kebersihan lingkungan karena hal tersebut dapat mengurangi banjir saat intensitas curah hujan sedang tinggi, kalau lingkungan kita bersih kita akan terhindar juga dari penyakit terutama DBD," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Sabtu.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bangka dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 melaksanakan penanaman bibit pohon di kawasan industri Jelitik, hal ini merupakan salah satu upaya mengajak masyarakat meningkatkan cinta lingkungan.

Menurut dia, penanaman pohon dan bersih lingkungan akan dilaksanakan menjadi agenda rutin di setiap Jumat, supaya nantinya seluruh daerah di Kabupaten Bangka benar-benar bersih dan kelestarian lingkungan tetap terjaga.

"Kami akan melakukan kegiatan seperti ini setiap Jumat pagi, apalagi Kabupaten Bangka ini sudah sembilan kali mendapatkan penghargaan Adipura, jadi bukan hanya euphoria saja namun harus kita implementasikan di lapangan," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Meina Lina, mengatakan bibit pohon yang ditanam di kawasan industri Jelitik berupa jenis Bougenville dan Pucuk Merah.

"Bibit yang kita gunakan dalam penanaman hari ini ada dua, yakni jenis Bougenville dan Pucuk Merah," kata Meina Lina.

Penanaman bibit pohon melibat seluruh jajaran organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka bekerjasama Kepolisian Resor Bangka dan instansinya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019