Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ketapang Laut Penyak, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2018 memiliki omzet sebesar Rp2 miliar dengan laba bersih Rp107 juta.

"Sejak didirikan pada 2016, BUMDes ini sudah memiliki omzet Rp2 miliar dengan laba bersih Rp107 juta," kata Direktur BUMDES Ketapang Laut Penyak, Sapri di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, dari omzet dan laba yang diperoleh maka BUMDES Ketapang Laut mampu memberikan kontribusi terhadap PAD Bangka Tengah sebesar Rp38 juta.

"Usaha yang kami jalankan untuk mendatangkan keuntungan adalah jual beli TBS kelapa sawit, gas elpiji dan galeri UMKM," ujarnya.

Ia mengatakan, tahun ini berhasil membeli TBS kelapa sawit dari petani sebanyak 1.627.166 kilogram dengan nilai penjualan Rp1,8 Miliar.

"Aset kami sebagai sarana pendukung usaha yaitu dua kendaraan truk dan satu mobil kijang dan dua pekerja Tetap, enama pekerja borongan dengan upah satuan," ujarnya.

Namun, kata dia, untuk gudang dan terminal TBS kelapa sawit sampai sekarang kami masih menyewa, namun sudah ada rencana akan dibangun.

"Selain mengejar keuntungan BUMDES ini telah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Penyak khususnya di sektor perkebunan dan UMKM," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019