Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin mendorong petani di daerahnya agar tetap memaksimalkan menanam karet.

"Saya mendorong petani agar tetap semangat dan memaksimalkan menanam karet karena peluang kebutuhan karet di pasar cukup besar," katanya di Sungailiat, Jumat.

Menurutnya, harga karet pada tingkat petani yang sering terjadi perubahan jual dianggap hal yang biasa seperti hal hasil panen pada jenis kelompok petani lainnya.

"Saya berkenyakinan kebutuhan karet di pasar nasional atau pasar dunia terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan jumlah kebutuhan masyarakat," katanya.

Wabup mengatakan, potensi lahan untuk menanam karet di daerahnya masih cukup luas selain lahan yang dapat diperuntukan jenis tanaman lain.

"Tanaman karet merupakan jenis tanaman petani yang sudah cukup lama ditanam oleh masyarakat selain tanaman lada, sawit dan jenis tanaman lain," katanya.

Pihaknya melalui dinas terkait akan terus memberikan pembinaan kepada masyarakat petani karet agar tetap serius dan mengembangkan tanaman karet.

"Bagi petani karet yang mengalami kendala baik pada saat penamaan atau pemeliharaan agar segera berkonsultasi dengan petugas penyuluh lapangan untuk membantu menyelesaikan persoalannya," ujarnya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019