E Fund asal Cina & BBLAM asal Thailand Jalin MoU Kerja sama guna Memperluas Jangkauan Investor

E Fund asal Cina & BBLAM asal Thailand Jalin MoU Kerja sama guna Memperluas Jangkauan Investor

Upacara Penandatanganan MoU di Kantor Pusat E Fund di Guangzhou

Guangzhou, Cina, (ANTARA/PRNewswire) - Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai pengelola dana investasi asal C semakin gencar merambah pasar internasional dengan mendirikan anak-anak usaha di luar negeri dan berkolaborasi dengan mitra-mitra regional.

E Fund Management Co., Ltd. (E Fund), pengelola dana investasi terbesar di Cina, juga baru saja meneken nota kesepahaman (MoU) dengan BBL Asset Management Co., Ltd. (BBLAM), salah satu pengelola dana investasi terbesar di Thailand. Lewat kemitraan ini, E Fund menawarkan akses pasar modal di Cina yang lebih baik bagi kalangan investor di Thailand melalui portofolio produk dan layanan investasi yang lebih lengkap.

Minat investasi asing di Thailand semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Investor Thailand khususnya sangat meminati produk investasi Cina, bahkan nilai investasi pada produk reksa dana di Cina telah menembus US$ 3,4 miliar pada Februari 2024. Namun, jangkauan pengelola dana investasi asal Cina di pasar Thailand belum begitu memadai.

"Cina adalah pasar penting bagi investor Thailand mengingat hubungan erat yang terjalin antara kedua negara. Sejalan dengan lingkup investasi yang semakin luas di Cina, kami ingin meningkatkan dan mempererat hubungan kerja sama dengan pengelola dana investasi lokal, seperti E Fund. Tujuannya, memperluas dan meningkatkan portofolio produk dan kinerja investasi dengan memanfaatkan perspektif lokal. Cina, kini salah satu pasar investasi yang paling menarik di dunia, menawarkan berbagai peluang investasi yang terwujud berkat inovasi teknologi yang berkelanjutan, serta pemutakhiran industri yang sulit diabaikan. Pasar Cina sendiri masih belum terwakili dalam indeks investasi global. Untuk itu, kami ingin meningkatkan porsi investasi Cina di pasar global," ujar Anak Kittivat, VP, Global Investment Management, BBLAM. "Valuasi pasar modal Cina saat ini jauh lebih menarik. Dengan keahlian investasi E Fund yang luas di pasar Cina, kami ingin memanfaatkan lisensi QFII untuk mengakses produk reksa dana dan investasi lokal secara langsung di Cina. Target kami adalah menyediakan produk investasi Cina yang lebih lengkap bagi investor Thailand, serta mempererat kolaborasi dengan kalangan perusahaan Cina."

"Kami gembira bermitra dengan BBLAM," kata Shawn Xinrong Woo, Co-CEO, E Fund, "Kemitraan ini mencerminkan komitmen dalam mengembangkan strategi pengembangan bisnis global, serta dedikasi kami dalam menyediakan layanan yang lebih baik bagi investor global. Lewat kemitraan ini, kami akan memperkuat jangkauan di Thailand dan wilayah Asia Tenggara secara lebih luas, serta menyediakan analisis dan akses pasar Cina bagi investor Thailand. Ke depan, kami akan menghadirkan solusi yang lebih lengkap untuk klien global berbarengan dengan pasar Cina yang semakin terbuka."

CEO, BBLAM, Dr. Natthapachara Chiarawongse, berkata, "Sebagai pengelola dana investasi yang terdiversifikasi, BBLAM menawarkan portofolio produk global yang komprehensif bagi klien Thailand. Lewat kolaborasi dengan pengelola dana investasi terbesar di pasar Cina, kami akan memperluas portofolio produk investasi Cina. Di sisi lain, investor kami akan memanfaatkan analisis pasar lokal dan keahlian investasi E Fund."

Kedua perusahaan optimis bahwa kerja sama ini akan menghasilkan sinergi, serta segera memperluas akses pasar sekaligus mendatangkan valuasi jangka panjang dan berkelanjutan bagi klien sehingga mempererat hubungan antara industri pengelolaan investasi di Cina dan Thailand.

Tentang E Fund

Berdiri pada 2001, E Fund Management Co., Ltd. ("E Fund") adalah pengelola investasi terkemuka dengan layanan terlengkap di Cina dan dana kelolaan yang bernilai hampir RMB 3 triliun (US$ 421 miliar)*. E Fund menawarkan solusi investasi bagi klien dalam dan luar negeri, serta membantu klien mencapai kinerja investasi jangka panjang secara berkelanjutan. Klien E Fund mencakup investor individu dan institusi, mulai dari bank sentral, pengelola dana investasi nasional (sovereign wealth fund), pengelola dana jaring pengaman sosial (social security), pengelola dana pensiun, perusahaan asuransi dan reasuransi, hingga korporasi dan bank. Berorientasi jangka panjang, E Fund bergerak dalam bisnis pengelolaan dana investasi sejak terbentuk pertama kalinya. E Fund juga berpegang pada keunggulan riset mendalam dan periode investasi. Lebih lagi, E Fund menjadi pionir dan praktisi terkemuka dalam bidang investasi bertanggung jawab di Cina, bahkan dikenal luas sebagai salah satu pengelola dana investasi asal Cina yang paling tepercaya dan terbaik.

Sumber: E Fund. Nilai AuM merupakan perkiraan tahap awal yang mencakup berbagai anak usaha E Fund. Data disajikan pada 31 Desember 2023. Tingkat valas berasal dari PBoC berdasarkan data pada akhir Desember 2023.

Tentang BBLAM

BBL Asset Management Company Limited (BBLAM) adalah pengelola dana investasi yang terdiversifikasi. BBLAM berkomitmen menawarkan kinerja investasi terbaik bagi klien. Berdiri pada Maret 1992, BBLAM memiliki dana kelolaan sekitar THB 865.578 juta atau US$ 24 miliar pada Desember 2023.

Sebagai perusahaan afiliasi Bangkok Bank (BBL), bank umum terbesar di Thailand yang menguasai 75% saham BBLAM, BBLAM didukung jaringan kantor cabang BBL di seluruh Thailand.

BBLAM menawarkan dan mengelola berbagai jenis produk reksa dana dengan instrumen saham, pendapatan tetap, serta strategi alokasi aset dan real estat untuk klien institusi dan ritel. BBLAM mengelola enam reksa dana properti, REIT, dan reksa dana Infrastruktur. Nilai pasar produk BBLAM tercatat sekitar THB 82.120 juta atau US$ 2.317 juta (pada 31 Januari 2024). Dana investasi dari produk-produk BBLAM ini dialokasikan pada beberapa jenis aset, seperti gedung perkantoran, ritel, transportasi, teknologi informasi & komunikasi, serta energi.

Kesuksesan BBLAM tercapai berkat sebuah prinsip utama, yaitu manajemen investasi secara aktif (active management) menghasilkan imbal hasil terbaik dalam jangka panjang. Pendekatan unik dalam pemilihan saham guna mendatangkan imbal hasil yang melampaui kinerja rata-rata menjadi unsur utama dalam filosofi investasi BBLAM. Lebih lagi, BBLAM menilai, praktisi profesional dan berpengalaman, serta proses investasi yang disiplin akan meningkatkan nilai portofolio investasi secara konsisten.
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024