Kamis, 24 Agustus 2017

Pemprov Kepulauan Babel Bidik China Pasarkan Tenun Cual

id melati
Pemprov Kepulauan Babel Bidik China Pasarkan Tenun Cual
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi Rosman. (antarababel.com/Aprionis)
Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membidik China sebagai pasar baru kerajinan tenun cual guna mendorong perajin mengembangkan usaha kerajinan khas daerah itu.

"Dalam waktu dekat ini kami akan mempromosikan tenun cual ke pasar China," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kepulauan Babel, Melati Erzaldi Rosman, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan kegiatan promosi tenun cual dan kerajinan khas daerah ini dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dalam mempromosikan potensi pariwisata, budaya dan produk unggulan daerah ke pasar internasional.

"Pada tahun ini Kementerian Pariwisata sudah mengarahkan promosi dan pemasaran produk kerajinan ke negeri tirai bambu tersebut," katanya.

Melati mengatakan promosi tenun cual akan diikuti dengan penjajakan untuk mengenali pasar di negara tersebut.

"Kami optimistis poduk tenun cual ini akan diminati pasar China, karena motif yang unik, berkualitas dan memiliki daya tarik tersendiri," katanya.

Untuk itu pihaknya tahun ini akan memproduksi dalam jumlah banyak untuk memenuhi pasar global.

"Selama ini masyarakat yang sepintas saja mengenali tenun cual tetapi tidak mengetahui secara mendalam produk kerajinan khas daerah ini," katanya.

Melati mengatakan kain cual memiliki beberapa motif seperti kembang gajah, bunga cina, naga bertarung, dan burung hong. Beberapa motif kain cual ada yang dibuat dengan menggunakan benang sutra dan bahkan ada yang dibuat dengan benang emas 18 karat.

"Kami terus berupaya meningkatkan produktivitas dan pemasaran tenun cual ini, sebagai upaya mendukung pembangunan sektor pariwisata daerah ini," katanya.

Editor: Riza Mulyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga