Sebanyak 305 siswa SMA Negeri 1 Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingkuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Menurut Ketua Panitia UNBK Satuan Pendidikan, Arpandi di Sungailiat, Senin mengatakan, UNBK di SMA 1 Negeri Sungailiat yang dijadwalkan selama empat hari diikuti oleh 305 siswa dengan semua jurusan.

"Hari pertama UNBK diikuti oleh semua atau 100 persen siswa dengan mata pelajaran bahasa Indonesia," katanya.

Dia mengatakan, UNBK berlangsung serentak seluruh Indonesia dengan jadwal pelajaran yang sama yakni untuk hari kedua dengan mata pelajaran matematika, hari ketiga mata pelajaran bahasa Inggeri dan hari keempat dengan mata pelajaran pilihan.

Secara teknis, kata dia, semua siswa UNBK di SMA Negeri 1 Sungailiat, sudah tersedia fasilitas komputer dengan jaringan internet yang memadai.

"Kami sudah menyediakan genset untuk mengantisipasi jika terjadi kendala pemadaman listrik oleh pihak Pt. PLN, meskipun sebelumnya sudah melakukan koordinasi," jelasnya.

Menurutnya, hasil nilai bagi siswa perserta UNBK tingkat SMA sederajat tidak menentukan kelulusan karena yang bersangkutan dapat mengulang mengikuti ujian jika dinyatakan tidak lulus.

"Peserta yang dinyatakan tidak lulus UNBK dapat mengikuti kembali karena nilai UNBK tidak menjadi syarat mutlak masuk perguruan tinggi," jelasnya.

Syarat masuk perguruan tinggi kata dia, adalah diambil dari nilai rapor siswa tersebut selama mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

Dia mengatakan, kegiatan UNBK hanya untuk pemetaan keberhasilan dunia pendidikan di suatu wilayah dengan menekakan kejujuran pada siswa.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019