Bupati Bangka Mulkan menyarankan seluruh peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA dan sederajat di daerah tersebut menyelesaikan soal-soal ujian dengan tenang.

"Saya sarankan agar seluruh peserta UNBK tingkat SMA sederajat yang hari ini mulai melaksanakannya dapat mengerjakan semua soal dengan tenang, jangan keburu-buru, manfaatkan waktunya dengan baik," katanya di Sungailiat, Senin.

Dia mengatakan meskipun kewenangan penyelenggaraan pendidikan tingkat SMA ada di pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten mempunyai hak mendorong peserta didik untuk mengoptimalkan belajar, terutama untuk menghadapi UNBK tersebut.

"Saya minta peserta UNBK untuk belajar di rumah pada malam hari sebagai persiapan mengikuti ujian di pagi hari," katanya.

Ketua Panitia UNBK Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Sungailiat Arpandi mengatakan 305 peserta UNBK di SMA Negeri 1 Sungailiat dinyatakan 100 persen mengikuti ujian pada hari pertama, sedangkan pelaksanaan ujian selama empat hari.

"Hari pertama UNBK SMA Negeri 1 Sungailiat sebanyak 305 siswa mengikuti semua dan diharapkan semuanya mengikuti sampai akhir ujian," katanya.

Dia mengatakan UNBK berlangsung serentak seluruh Indonesia dengan jadwal pelajaran yang sama, yakni hari kedua dengan mata pelajaran Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari keempat mata pelajaran pilihan.

Secara teknis, kata dia, semua siswa UNBK di SMA Negeri 1 Sungailiat sudah tersedia fasilitas komputer dengan jaringan internet yang memadai.

"Kami sudah menyediakan genset untuk mengantisipasi jika terjadi kendala pemadaman listrik oleh pihak PT PLN, meskipun sebelumnya sudah melakukan koordinasi," kata dia.

Dia mengatakan hasil UNBK bagi siswa tingkat SMA dan sederajat tidak menentukan kelulusan karena yang bersangkutan dapat mengulang untuk mengikuti ujian jika dinyatakan tidak lulus.

"Peserta yang dinyatakan tidak lulus UNBK dapat mengikuti kembali karena nilai UNBK tidak menjadi syarat mutlak masuk perguruan tinggi," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019