Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan kartu perpustakaan dengan model terbaru.

"Kartu perpustakaan model terbaru ini sudah diluncurkan, kami memberi nama Kartu Pustaka Selawang Segantang," kata Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Budi Utama di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, Kartu Pustaka Selawang Segantang model terbaru yang baru diluncurkan itu memiliki fungsi lebih banyak terutama bisa menjadi tolok ukur minat baca dan pengunjung perpustakaan di semua desa.

"Kartu Pustaka Selawang Segantang ini tentu untuk mereka yang menjadi anggota perpustakaan, juga untuk meminjam buku dan berlaku bagi semua perpustakaan di Bangka Tengah," ujarnya.

Ia mengatakan, melalui Kartu Pustaka Selawang Segantang ini pihaknya bisa memetakan kondisi minat baca masyarakat di daerah dan jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan daerah, perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah.

"Pada prinsipnya fungsi kartu pustaka itu sama seperti kartu perpustakaan kebanyakan, namun Kartu Pustaka Selawang Segantang lebih spesifik dan bisa menjadi acuan untuk memetakan kondisi minat baca masyarakat," ujarnya.

Budi Utama mengakui hingga sekarang minat baca masyarakat masih rendah, demikian juga dengan jumlah pengunjung perpustakaan masih sedikit.

"Kami punya berbagai cara untuk menumbuhkan minat baca di antara melalui berbagai lomba, seperti lomba menulis, literasi, lomba bercerita dan berbagai kegiatan lainnya yang merangsang minat baca," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019