Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan kegiatan "Pemilu Run" yang digelar serentak seluruh Indonesia mampu mengajak dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019.

"Pemilu Run ini digelar serentak seluruh Indonesia, berbagai cara dilakukan pihak KPU untuk menyukseskan kegiatan tersebut yang pada muaranya nanti diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih dalam menggunakan hak suaranya," kata anggota KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, Pemilu Run di Bangka Tengah digelar dengan kegiatan simulasi tentang pencoblosan, jalan santai, ajakan pemilu damai, larangan politik uang dan edukasi kepemiluan kepada pemilih pemula.

"Kegiatan ini sangat penting apalagi digelar beberapa hari menjelang hari pencoblosan dengan tujuan meningkatkan partisipasi, meningkatkan pemahaman tentang kepemiluan sehingga tercipta pesta demokrasi yang aman dan damai," ujarnya.

KPU Bangka Tengah bertekad partisipasi pemilih mencapai 75 persen dan bahkan diharapkan bisa di atas target KPU RI.

"Berbagai upaya sudah kami lakukan, melalui sosialisasi dan melalui relawan demokrasi yang mendatangi langsung rumah pemilih memberikan edukasi tentang kepemiluan," ujarnya.

Koordinasi dengan berbagai pihak juga berjalan dengan baik, terutama dengan pihak Bawaslu dan partai politik peserta pemilu serentak 17 April 2019.

"Kami saling bersinergi, baik KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, partai politik, pihak kepolisian, TNI dan masyarakat dari lintas organisasi untuk menyukseskan pemilu sesuai harapan bangsa dan harapan kita bersama," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019