Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar sosialisasi aplikasi persediaan, sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan APBN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya di wilayah Kabupaten Belitung.

"Aplikasi persediaan ini sangat membantu pengguna membuat laporan persediaan, seperti kartu persediaan, laporan saldo persediaan di neraca, laporan rincian persediaan dan laporan persediaan lainnya sesuai kebutuhan pengguna," kata Kepala Bidang PAPK Kanwil DJPb Babel, Tantowi di Tanjung Pandan, Jumat.

Ia mengatakan, aplikasi persediaan ini sudah mulai digunakan beberapa pemerintah daerah, yakni Pemkab Bangka Selatan dan Pemkab Bangka Barat.

"Aplikasi tersebut sangat sederhana sehingga pengguna yang tidak memiliki dasar ilmu akuntansi bisa menggunakannya," ujarnya.

Salah satu nara sumber dalam kegiatan ini, Ahmad Zulfikar, memperlihatkan beberapa prosedur dan langkah-langkah penginstalan aplikasi persediaan dan melakukan simulasi percatatan persediaan pada aplikasi tersebut.

Prosedur instalasi aplikasi persediaan sangatlah mudah, hanya butuh tiga tahap, aplikasi persediaan sudah terinstal dan siap digunakan untuk mencatat transaksi persediaan.

Setelah menginstal, pengguna didemokan proses pembuatan username dan password yang akan digunakan untuk masuk ke aplikasi persediaan.

Aplikasi ini mendukung seluruh proses administrasi persediaan, mulai dari pencatatan pembelian, pemakaian, koreksi, hingga menghasilkan saldo persediaan di Neraca LKPD.

"Pengguna cukup memilih menu yang sesuai dengan proses administrasi yang ingin dilakukan, misalnya untuk pencatatan pembelian atau pengadaan persediaan. Pengguna tinggal memilih menu "Transaksi", kemudian sub menu "Persediaan Masuk", selanjutnya sub-sub menu "Pembelian"," ujarnya.

Form penginputan yang disediakan aplikasi juga dibuat sesederhana mungkin dan hampir serupa antar menu transaksi agar memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya.

"Laporan persediaan yang disediakan aplikasi dapat ditentukan sesuai kebutuhan pelaporan, dimana pengguna dapat memilih laporan saldo persediaan dalam rentang tanggal tertentu, bulan tertentu atau tahun tertentu," ujarnya.

Plh. Kepala BPKAD Kabupaten Belitung, Karlina mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam meningkatkan kualitas manajemen dan akuntansi di Pemkab Belitung.

"Peserta kita harap dapat mengikuti sosialisasi dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu yang didapat bisa dipergunakan untuk meningkatkan kualitas administrasi persediaan di OPD masing-masing," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019